WhatsApp Icon
Instagram Icon
 

ArticlePentingnya Mempelajari Bahasa Kasih Bagi Anak

21 May 2021by efastadmin0
https://englishfaster.id/wp-content/uploads/2021/05/0513-1-e1621579827321.jpg

Salah satu kebutuhan penting bagi keluarga adalah memiliki waktu yang berkualitas bersama anak-anak. Dan agar mampu menciptakannya, orangtua sebaiknya mempelajari dan memahami bahasa kasih anak. Menurut Chapman & Campbell, ada 5 bahasa kasih anak. Setiap anak memiliki preferensi bahasa kasih yang tidaklah sama. Psikolog Elizabeth Santosa menjelaskan, salah satu langkah yang dapat dilakukan orangtua dalam...

Salah satu kebutuhan penting bagi keluarga adalah memiliki waktu yang berkualitas bersama anak-anak. Dan agar mampu menciptakannya, orangtua sebaiknya mempelajari dan memahami bahasa kasih anak.

Menurut Chapman & Campbell, ada 5 bahasa kasih anak. Setiap anak memiliki preferensi bahasa kasih yang tidaklah sama. Psikolog Elizabeth Santosa menjelaskan, salah satu langkah yang dapat dilakukan orangtua dalam menciptakan waktu keluarga yang berkualitas adalah dengan menerapkan bahasa kasih anak sebagai berikut :

 

Waktu berkualitas

Ada sejumlah anak yang lebih senang ketika ditemani orangtuanya dalam berbagai aktivitas. Apapun jenis aktivitas yang akan dilakukan, asalkan bersama orangtuanya anak akan merasa disayang.

Orangtua diharapkan memberikan waktu berkualitas tanpa distraksi, tanpa gadget, atensi dan fokus hanya pada anak. 

Afirmasi

Afirmasi merupakan salah satu bahasa kasih yang disukai anak-anak. Umumnya afirmasi berupa pujian atau kata-kata yang memotivasi atau mendukung seperti : ” Kamu anak yang pintar! “

Apresiasi

Dalam hal ini , apresiasi bukan berarti hadiah dengan nilai yang mahal. Melainkan anak-anak suka jika diberi kejutan. Misalnya dia bisa melakukan sesuatu yang besar untuk pertama kali, Anda bisa merayakannya dengan membuatkan makanan kesukaannya. Ini akan meningkatkan ikatan antara Anda dan anak.

Sentuhan fisik

Tidak sedikit anak yang merasa disayang dengan sentuhan fisik. Seperti mengusap-usap kepalanya, memeluk, dan mencium bisa Anda lakukan untuk anak-anak tipe penyuka bahasa kasih yang satu ini.

Diyakini sentuhan yang diberikan orangtua ini dapat meningkatkan hormon oxitosin. Dan semakin menyentuh, semakin akrab

Melayani/membantu

Anak dengan tipe bahasa kasih ini akan merasa dikasihi saat ada orang lain yang hadir ketika mereka mengalami kesulitan. Meski bisa melakukannya sendiri, terkadang anak-anak meminta bantuan hanya untuk merasakan kasih sayang dari orangtuanya.

 

Source :

https://lifestyle.okezone.com/read/2017/03/30/196/1654608/moms-yuk-kenali-5-bahasa-kasih-untuk-anak

Ditulis ulang oleh DENI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HEAD OFFICEContact us
Rukan Cordoba Blok F-31, Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk - Jakarta Utara 14470
(021) 2257-0001/2
Monday - Friday 9 AM - 6 PM, Saturday 9 AM - 1 PM
Newsletter