WhatsApp Icon
Instagram Icon
 

Tak BerkategoriJika Anak Anda Mulai Aktif Bertanya

24 March 2021by efastadmin0
https://englishfaster.id/wp-content/uploads/2021/03/25-e1617163763655.jpg

Dear parents… semakin bertambahnya usia anak, semakin besar juga rasa ingin tahunya terhadap hal yang menurutnya baru. Mungkin Anda merasakan, ada saja hal yang ingin ditanyakan. Mulai dari, “Mengapa ayam bertelur?”, “Mengapa Bunda melahirkan tapi Ayah tidak?”, hingga bertanya siapa itu pencipta manusia. Berbagai pertanyaan spontan dari si kecil sejatinya tidak boleh diabaikan. Jangan juga...

Dear parents… semakin bertambahnya usia anak, semakin besar juga rasa ingin tahunya terhadap hal yang menurutnya baru. Mungkin Anda merasakan, ada saja hal yang ingin ditanyakan. Mulai dari, “Mengapa ayam bertelur?”, “Mengapa Bunda melahirkan tapi Ayah tidak?”, hingga bertanya siapa itu pencipta manusia.

Berbagai pertanyaan spontan dari si kecil sejatinya tidak boleh diabaikan. Jangan juga memberikan jawaban manipulatif atau bahkan memberikan jawaban fiktif padanya. Bagaimanapun, Anda harus tetap bijak memberikan jawaban positif atas pertanyaannya. Meski memang kenyataannya, orangtua pun sering kewalahan menanggapi pertanyaan si kecil. Oleh karena itu Anda perlu memahami strategi agar tidak salah kaprah ketika si kecil mulai aktif bertanya.

BERIKAN JAWABAN YANG ANDA PAHAMI

Bila anak mulai bertanya hal-hal yang menurut Anda terlalu rumit, hindari memberi jawaban semisal “Nanti kamu akan mengerti kalau sudah dewasa” atau “Jangan terlalu dipikirin, kamu masih kecil”. Dua jawaban itu justru membuat si anak semakin penasaran dan akan kembali bertanya dengan pertanyaan yang sama di kemudian hari.

Lebih baik Anda menjelaskan dengan respon yang memang dipahami. Anak yang memiliki rasa ingin tahu yang besar tidak akan pernah puas dan pasti terus bertanya tentang berbagai hal. Dan sebagai ornagtua jangan lelah untuk membimbing dan mengarahkan mereka dengan pengetahuan-pengetahuan yang Anda ketahui.

LIBATKAN SI KECIL UNTUK BERSAMA-SAMA MENCARI JAWABAN.

Seringkali orangtua bingung memberikan jawaban lantaran tak tahu sama sekali dengan topik yang ditanyakan sang anak. Jika situasinya demikian, tak perlu gengsi untuk mengakui jika anda memang belum tahu jawabannya. Selanjutnya, tinggal ajak buah hati untuk mencari jawabannya bersama-sama. Bereksplorasi bersama-sama akan menjadi kegiatan yang menyenangkan seperti membaca buku atau browsing bersama.

MINTALAH WAKTU PADA ANAK UNTUK ANDA MENCARI JAWABANNYA

Saat anak bertanya, ada baiknya memang langsung merespon dan menjawab saat itu juga. Namun kadang situasinya berbeda. Terutama jika si kecil tergolong kritis dan mengajukan pertanyaan yang sukar sehingga anda pun perlu waktu untuk menjawabnya.

Anda tidak perlu ragu, kalau memang anda bingung atau blank tak ada jawaban di dalam benak, mintalah waktu pada si kecil. Hal ini tidak memberi kesan orangtua itu bodoh di depan anak, justru saat itulah kita menunjukkan sikap bahwa kita menghargai tindakan si kecil yang memliki rasa ingin tahu begitu besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HEAD OFFICEContact us
Rukan Cordoba Blok F-31, Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk - Jakarta Utara 14470
(021) 2257-0001/2
Monday - Friday 9 AM - 6 PM, Saturday 9 AM - 1 PM
Newsletter
[contact-form-7 404 "Not Found"]